20130224

Liburan Yang Tertukar

You know how sucks I am at making title, jadi... Ini adalah cerita tentang liburan yang tertukar beserta itinerary yang cukup berkesan di hati para penggemarnya *baru opening udah naon*.  Mengapa liburan yang tertukar??

Alkisah pada suatu malam yang cerah sekitar bulan Mei 2012, dua orang manusia yang biasa saja via bbm memutuskan untuk random beli tiket air asia ke jogja karena sedang harga promo. Memakai kartu kredit mamanya manusia yang satunya, tiket itu pun dibayar untuk nanti: 14 Februari 2013. Tiga tiket dibeli begitu saja seperti angin yang berhembus lalu kami pun lupa dan melanjutkan hidup seperti biasanya.

Terus dimana poin ketukernya? -.-

Iya, jadi gini, bulan demi bulan pun berlalu. Tak ada penantian yang berarti (gue totally lupa pernah iseng beli tiket pesawat ke jogja). Kami kira, 14 Februari itu masih liburan, jadi unyu kan liburan bareng gitu? Tapi ternyata.. 14 Februari yang mana hari Kamis itu sudah masuk masa perkuliahan. Jeng jeng. Iya, jadi itu tertukarnya. Pas liburan gue ga kemana-mana cuma di Bandung Depok aja urusin sesuatu dan rempong-rempong Aa mau nikah. Eh pas masanya kuliah, gue malah bolos untuk liburan. Dimana hari Kamis ternyata ada 3 matakuliah dan Jumat juga ada 1 matkul. Krik krik.

Ya sudah, jalan-jalan triumph over kelas lah ya *digebuk dikti* *dicabut beasiswanya* *astagfiruloh*

Meski dengan rasa guilty karena meninggalkan kuliah-kuliah malang, serta 1 pleno, 1 teambuilding, dan 1 photoshoot himpunan buat yearbook, tapi gue orangnya teguh pendirian dan pantang menyerah. Udah pilih yang ini duluan sih. #elah #bilangajapengenjalanjalan

Se-tertukar itu liburannya jadi gapunya banyak persiapan. Kamera ketinggalan di Bandung, kameranya Odri juga lagi dipinjem uwa ke Mekah. Jadi by ipad dan hp aja momen-momen langka ini diabadikan. Makanya kalo rada ga jelas foto-fotonya, maap-maap ya.

Malam kemisnya gue udah pesen taksi buat berangkat jam 5 subuh ke rumah Odreh kemudian lanjut ke bandara. Lebay ya jam 5? Abis Jakarta kalo macet kan suka ga pake logika. Terus menurut gue ya kalo ke bandara itu lebih kerasa feelnya kalo pas langit masih gelap #udahiyainaja. Kamis subuh, berangkatlah gadis gendut ini dari kosannya di bilangan depok ke lauser ato mestik ato kebayoran baru ato rumah odri, you name it. Supirnya botak dan kepo, keponya tukang taksi deh biasa, akhirnya gue basa-basi sambil ngantuk-ngantuk. Traffic emang ga pernah bisa diperkirakan, ternyata jalanan lancar banget dan jam 6 udah sampe di depan rumah odri, flightnya jam 10 btw, kepagian bok. Sampe rumah odri, mamanya odri dan odrinya belon mandi dan belum sarapan. Tukang taksinya gue suruh tunggu aja, untung doi botak-botak selow gitu tipenya. Mihi. 

Hold your breath, karena kita mulai memasuki part yang cukup unyu. Gue bikinin sarapan untuk kak rani (sepupunya odri), odri, dan mamanya :3. Cuman mi goreng sama roti-bakar-agak-ancur-gajelas sih, wehehe. Tapi mamanya bilang mi gorengnya enak banget, sampe bbm lagi sepulangnya dari jogja untuk minta dibikinin. Gue ga ngerti harus seneng atau apa.. Karena mi itu bener-bener cuma indomie biasa aja. Padahal mamanya odri udah sangat pro dalam masak memasak dish apapun. Hufty. Setelah sekitar beberapa lama akhirnya kami semua menaiki taksi bapak botak tersebut untuk langsung ke bandara. Yipiy!

Take off dan landing yang cukup mulus untuk ukuran pesawat kecil yang kami tumpangi, siang harinya Jogjakarta menyambut kami dengan udara hangat dan bandara adisucipto yang supermini kalo dibandingin sama soetta. Sampe di bandara, langsung dikerubungin tukang taksi yang nawar-nawarin tumpangan. Ga ada bluebird di jogja, semuanya taksi koperasi atau swasta kecil-kecil aja. Biar ga matiin usaha lokal katanya. Bagus ya. Pilihan kita jatuh pada taksi avanza yang menawarkan rate paling murah dari adisucipto ke Malioboro, hotel yang udah di booking itu letaknya di jalan Dagen persis di Malioboro. Mas-mas yang nyetirin taksi avanza itu ternyata berhasil merebut hati kami bertiga, karena sebelum ke hotel mau nungguin kita makan dulu di suatu tempat gudeg yang bikin gembira pas bayar (enak dan muraah), jadi besoknya kami berencana untuk memakai jasanya menemani kami berkeliling-keliling di kota jogja yang lovely ini.



Mamanya Odri setengah maksa minta fotoin dulu di lobi hotel. Wehe
Setelah check in dan istirahat bentar, seperti turis-turis pada umumnya, kami jalan-jalan menyusuri Malioboro sampai ujung jalan Malioboro di Benteng Vredeburg dan masuk liat-liat kesana. Abis itu kita udah punya rencana sejak di dalem pesawat pas berangkat tadi, yakni nonton di XXI Jogja! Hihi. Lucu soalnya empire di Jogja ini misah sendiri ga di dalem mall. Semacam metropole gitu kalo di Jakarta. Setelah beli amunisi nonton, popcorn dan softdrink, ditontonlah A Good Day to Die Hard itu. Weird emang ke jogja malah ke bioskop. Biarinlahya, abis itu kita jalan-jalan dan jajan lucu di pinggiran jalan jogja, baru balik lagi ke hotel.

Mamanya Odri ngidam banget sama bakso di deket hotel karena masaknya masih pake tungku api yang pake kayu itu, katanya rasanya bakal beda. Jadi malemnya kita cobain bakso itu, dan ternyata tidak mengecewakan karena harganya pun hanya tujuh ribu rupiah semangkok. Bahagia. Malem itu ujan rintik-rintik, tadinya ingin ke alun-alun tapi ga memungkinkan karena disana kan outdoor semua. Kami memutuskan untuk ngemil-ngemil lucu di Raminten. Raminten itu semacam tempat makan yang aneh, aneh pelayannya, aneh bau dupa nya, aneh ngantrinya, aneh aja lah pokoknya menurut gue. Haha.

Minuman tradisional yang fancy dengan harga ramah kantong
Mamanya odri (lagi-lagi) setengah maksa mau fotoin tapi odrinya gakmau. Wkwk
Pulang ke hotel lalu kami bobo-bobo lucu buat nabung energi karena besoknya bakal jalan-jalan menyusuri keindahan kota ini. Azek. Di pagi hari, setelah sarapan menu tradisional (tapi gue cuma makan roti doang karena udah kebiasaan ga sarapan) sekitar jam8 bapak jowo avanza yang lovely itu jemput. Mau kemana kitah? Ke Prambananzz, yeay, meski sebenarnya gue abis dari situ beberapa bulan yang lalu sama ayah, tapi gue seneng-seneng aja kalo bisa kesana lagi, suka aja liat semua artefak dan jejak kehidupan silam. Ehe. Odri random ngerasa dirinya mirip turis Korea, dia menamakan dirinya Shin Min Dong (nama ngasal ngambil dari nama-nama korea seperti Lee Min Ho, Dong Hae, etc) dan minta difotoin sebelum gate masuk candi.

Shin Min Dong

Shin Min Dong dan Mamanya

Rumah Shin Min Dong. Bukan deng, the holy Prambanan

Backlight parah. Shin Min Dong yang fotoin
Puas jalan-jalan disana, diantara museum-candi-dan-pemandangan-indah di Prambanan, gue paling suka ketika semua turis mesti pake kain batik yang warnanya item-putih itu sebelum masuk ke kawasan candi. Nambah sensasi jadi turisnya gitu ceritanya. Haha. Kalori udah lumayan terbakar dan kaki udah lumayan pegel, bapak jowo lovely itu setia nungguin kita kelar main di Prambanan, kemudian kita makan di sebuah tempat tahu telupat magelang. Abis makan, karena itu hari Jumat, Odri dan bapak jowo itu jumatan. Gue dan mamanya odri nunggu disitu, alhamdulillahnya adalah gue ga ngerasa awkward samsek. Mungkin karena udah sering bareng, atau emang gue yang gatau malu atau gimana. Atau mungkin mamanya odri yang kelewat baik. Mungkin dua-duanya. Entahlah. Tapi dalam trip itu gue lebih ngerasa jadi adeknya odri daripada pacarnya, and that's fine karena orang-orang (misalnya bapak supir jowo itu) keep asking us, "anaknya dua ya bu? bapaknya lagi kerja ya jadi ditinggal?" Haha. Biarkanlah orang-orang itu bahagia dengan kesotoyannya.
Tahu telupat
Abis jumatan, dengan perut kenyang kita caw lagi ke kota gede, liat-liat perak. Bagus-bagus loh. Terus dibawa ke Rumah Batik dan tempat-tempat batik lainnya yang kualitasnya diatas batik-batik di Malioboro atau Mirota. Odri kalo pake batik maunya yang motifnya ga terlalu rame corak-corak abstrak, maunya satu corak yang seragam dari depan sampai belakang, dari atas sampai bawah *yes, he's not the only one person in my life that tends to have an OCD* haha. Kalo gue ga beli batik, teh neysa kan juragan batik, gue udah cukup eneg liat batik untuk diri sendiri. Nah, shopping-shopping kecil udah, sekarang kita jalan-jalan lagi ke daerah keraton Jogja. Dimulai dari keraton, dalem keraton semuanya keubek sampe pegel, terus ke tamansari dan ke mesjid bawah tanah yang supercool.

Keraton Jogjakarta

Taman Sari, sumpah pengen nyebur banget rasanya kemarin
Kaki udah pegel, sebelum ke hotel kita ambil pesenan bakpia dulu di bakpia Kurnia Sari sekalian beli oleh-oleh. Oleh-olehnya ini ada kali sampe dua dus, konflik banget gimana bawanya nanti di pesawat karena rencananya semua barang mesti muat di kabin. Haha. Terus mampir juga kerumah saudaranya Tante Santi, temennya mamanya Odri, di deket pasar kranggan situ. Sambil disuguhi lumpia super enak sejagat raya. Nom.

Malemnya, kami memutuskan untuk makan di bakmi pele di alun-alun keraton sambil sekalian main di alun-alun yang ada dua beringinnya. Untungnya malam itu ga ujan, yeay, dari Malioboro kita naik becak kesana. Guess what, saking unyunya kita naik becak bertiga dengan gue yang dipangku odri dan mamanya. Udah kayak adeknya aja yakan. Itu konyol banget kita ketawa-ketawa di becak, gue juga ketawa-ketawa sambil takut karena gue jadi ngerasa tinggi banget sepantar sama abang becaknya. Haha.

Bakmi pele itu penuhhhhhhhhhhhhhh banget, ada kali sekitar satu jam kita nunggu pesenannya dateng. Pas pesenan dateng, ternyata odri salah mesenin gue. Huhu bete. Nah abis makan kita ngebecak lagi deh ke alun-alun yang rame kalo malem itu. Ada sepeda-sepeda kelap kelip lampunya, ada mainan segala macem, waktu gue kesitu sama ijjah, cindy, dan teh aqisth, entah kenapa rasanya seru banget, mungkin karena perdana kali ya. Yang ini gue ngikutin aja odri dan mamanya mau ngapain, eh ternyata ga ngapa-ngapain cuma jalan-jalan aja liat liat sekitar karena mungkin merasa gak semuda itu buat tolol-tololan nyebrangin beringin kembar sambil merem dan kurang orang untuk naik sepeda heboh yang ada lampunya. Wkwk. Terus pulangnya naik becak yang terpisah. Gatau kenapa. Hari itu rasanya gue capek ngetnget, baru inget emang sebelum berangkat ke jogjes itu gue dikosan demam-demam cantik dan bersin-bersin. Emang ga se-fit itu buat capek-capek an. Jadi setelah sampai hotel gue ke kamar duluan biar cepat mandi dan istirahat sementara odreh dan mamanya beli wedang ronde (atau semacamnya) di abang depan hotel. Eh taunya pas gue abis mandi dan mamanya odri masuk kamar, beliau nanya "Tita marah ya sama Odri gara-gara salah dipesenin tadi?" and I was like, wo? Haha. Engga lah tante -.-

Keesokan harinya, sadly, short trip ini mesti berakhir. Sekitar jam 10 abang jowo taksi avanza itu jemput, lalu kita berangkat ke adisucipto dengan mampir ke rumah saudaranya Tante Santi lagi untuk mengambil 30 pieces lumpia surga dan gudeg untuk dibawa ke jakarta. Namun, kita inget ada 1 museum yang bangunannya eksentrik yang kemarin kita lewatin pas dari bandara ke malioboro, museum Affandi. Karena waktu dirasa masih mencukupi, kita memutuskan untuk mampir dulu ke museum Affandi. 

Harga masuknya lumayan mahal dibanding museum lain, tapi worth to visit kok (jangan hiraukan bayangan gadis gendut di kacanya ya)

Museum Affandi merupakan tempat terakhir yang kami kunjungi sebelum ke bandara dan menunggu kepulangan. Realita udah kangen banget kayanya nungguin kita. Rasanya baru kedip kok udah mesti pulang lagi sih.
Difotoin mamanya odri lagi. Kita emang pasangan yang lack of willingness buat sering foto-foto.
Landing di Jakarta dengan selamat. Dengan waktu 1 jam saja, Jakarta sudah di depan mata.

And then... Bye Jogja. See you again my lovely annual trip destination. :*

Ps: wait for us again in CGK-KL-CGK trip on August/September (damn I forgot) 2013. *wink*