20091213

what make i

apa yang membuat saya, menghela nafas panjang. adalah.
ketika harus membiarkan berlalu. ketika harus membiarkan mimpi berlalu.
apa yang membuat saya, sedih. adalah.
ketika harus memendam yang tidak enak. atau tidak bisa berbagi yang enak. seperti kebodohan-kebodohan yang terus terjadi. kelemahan-kelemahan yang terus ditunjukan. sikap sok bijaksana. saya muak. saya ingin teriak. saya ingin pergi. saya ingin menangis. tapi saya hanya diam. lalu saya tersenyum, lagi. saya kadang ingin saya bodoh saja. agar tidak cukup kemampuan untuk menilai. agar tidak begini. agar menjadi biasa seperti mahluk-mahluk disini. atau janganlah bodoh. saya kadang ingin menjadi yang paling besar, bukan yang paling kecil. agar didengar.
apa yang membuat saya, perih. adalah.
ketika tak bisa menutup mata dan telinga, atas pemandangan miris yang kelihatan dari jauh. dia yang tidak baik-baik saja. mereka yang sedang banyak masalah. dan mahluk-mahluk disini yang tidak juga berkembang. yang terlalu banyak harapan tak ada perbuatan. muak, benar saya ingin pergi jauh. pergi jauh ke dunia mereka. bukan yang ini.
apa yang membuat saya, terdiam dan tetap tersenyum. adalah.
ketika tetap menghirup oksigen gratis yang maha sempurna itu. dengan kesadaran penuh bahwa pasti ada oktan-oktan hasil emisi tak sempurna yang jadi polusi. merasakan detak jantung walau iramanya sering tak beraturan atau kadang berubah jadi nyeri. dan melihat jari-jari ini masih lincah bergerak. diri ini masih sanggup menulis.

subhanallah.

No comments: