20110420

sabtu minggu

masih segar disini, diingatanku. saat aku pakai baju pramuka dengan bordiran gambar regu teratai di tangan kiriku. kala itu aku ketua regu! hore. aku ketua yang sangat baik karena banyak anak yang mau masuk kedalam regu teratai. meski jarang menang diperlombaan, regu teratai anggotanya harmonis. maklum, ketuanya saja phlegmatis.

aku selalu suka saat aku memakai baju pramuka. kala itu badanku masih kurus, nyaman sekali baju pramuka dibanding dengan rok rempel hari senin selasa. atau baju batik panjang hari jumat. aku selalu suka saat aku memakai baju pramuka, karena itu tandanya hari sabtu tiba! hari sabtu yang mengantarkanku pada hari minggu. hari yang sungguh menyenangkan kutunggu-tunggu.

aku suka hari sabtu. sekolahku SD negeri yang sangat biasa, aku suka hari sabtu. kalau kebagian sekolah siang, jam pulang sekolah adalah pukul setengah lima. jam setengah lima mobilku pasti sudah didepan gerbang, didalamnya ada ayah dan kakak-kakakku. ada mama juga. kami pasti mau jalan-jalan. karena, ini hari sabtu!
sempat juga beberapa kali kecewa karena sabtu berjalan tidak seperti yang kumau. tapi ayah bilang, dunia memang tidak selalu akan seperti yang kumau. tapi tidak apa, aku sadar yang sebenarnya aku mau adalah keluargaku. hehehe.

aku suka hari sabtu, karena aku pasti punya sesuatu yang baru, buku bacaan baru, mainan baru, makanan! apa saja. karena sabtu menyilakan orangtuaku untuk berbagi waktu denganku. karena sabtu membuatku boleh tidur malam karena besok aku tidak usah sekolah. ah, sabtu yang dulu. nikmatnya terasa sekali.

sabtu pasti berlalu, baju pramuka ku sudah tersimpan dipojok kumpulan baju-baju.

minggu? aku juga suka! suka sekali, favorit.
dari kecil aku bukan tipe orang yang suka sengaja bangun siang. bagiku, hari minggu ini harinya aku bersenang-senang, sendirian. setiap hari minggu aku bangun subuh sekali, inilah mukjizat mingguku. padahal kalau hari sekolah, aku masih dibangunin mama. tapi hari minggu, aku bangun sendiri tanpa pakai apa-apa. yang pertama kulakukan adalah main the sims. kala itu aku duduk dibangku kelas tiga sd, aku sangat suka main the sims yang cheatnya masih klapaucius. dari dulu orangtuaku tidak terlalu senang liat aku terlalu banyak ada didepan komputer. tapi tampaknya setiap hari minggu mereka suka-suka saja. maka itu aku bangun dari subuh! aku sudah sangat ingin main the sims. haha.
sekitar jam tujuh the simsnya kutinggalkan dulu, jam tujuh ada chibi maruko chan di rcti. itu juga hal yang kutunggu-tunggu. aku beli komik-komiknya, aku suka chibi maruko chan. karena dia sama-sama anak kelas tiga sd dan sama-sama anak bungsu. aku suka, seperti ada hubungan batin. setelah itu ada hamtaro, doraemon, p-man, dan pindah ke indosiar, conan. saat aku nonton conan biasanya kakak-kakakku sudah bangun dan mama juga sudah menyiapkan sarapan. kala itu aku tidak senang, ah aku ingin sendirian! lagipula aku tidak terlalu suka makan. aku dulu sampai dicekoki jamu-jamu dan vitamin supaya nafsu makan. haha.

tapi yang aku suka dari terbangunnya orang-orang dewasa itu adalah, itu berarti aku bisa pergi! hore. biasanya berenang, atau ke tempat sejuk, atau kemana. ayahku orang yang senang jalan-jalan dengan spontan. pernah waktu itu kita naik kereta ke gambir, melihat monas, lalu balik lagi ke bandung. aku senang. aku suka hari minggu. dan biasanya pada akhirnya aku lupa pada the sims. dasar anak kecil.

ya, aku pernah suka hari sabtu dan minggu. suka sekali, favorit.

sekarang?
sekarang aku mati rasa pada hari. sabtu minggu rabu senin bagiku rasanya sama saja. malah sabtu minggu menjadi hari yang sedemikian sulit. membuatku harus memutuskan, membuatku harus memilih. membuatku harus menimbang-nimbang.
selalu berhasil membuatku menarik nafas panjang.

lalu, akankah sabtu minggu yang favorit kembali ke pelukanku?

haha. hanya aku sendiri yang tahu jawabannya.

No comments: