20110105

kirimeter

Kiri kiri!
Andai ada kirimeter di dunia ini.
Kirimeter? Ya, alat pengukur untuk mengukur berapa kali kata kiri telah diucapkan oleh seseorang. (bikin istilah sendiri heheh)
Eits, tapi bukan sembarang kiri. Cuma kiri yang untuk memberhentikan angkot aja yang bisa masuk dalam counter kirimeter.
Tuh anak itb, ada yang bisa bikinin gw ga? Haha
Abis gw pengen tau, udah berapa ribu juta kali gw bilang ‘kiri-kiri’. Kenapa ga sekali-kali gw bilang ‘udahan bang! Udahan!’ atau ‘berhentiii!’ atau ‘turunkan aku disinii’ atau apaan deh selain kiri, gw selalu patuh pada kata kiri.
Kiri kiri!
Gw suka naik angkot. Sebentar, yang gw omongin disini, a whole part, adalah tentang angkot di bandung. Angkot di kota yang gw ilerin sejak lahir. Kota yang berwalikotakan pa dada rosada yang sering minum bajigur sama ayah. Penting abis. Ya, gw suka angkot, apalagi kalo naik sendiri. Naik berdua juga tetep suka, rame-rame juga suka. Intinya, gw suka naik angkot. Kadang-kadang sambil sok asik pake headset, kadang-kadang ngga (pas ngga itu karena emang headsetnya ketinggalan dirumah heheh). Kalo naiknya berdua, tergantung orangnya. Kalo orangnya sama-sama sok asik, paling jadinya ngobrol. Kalo orangnya belum begitu kenal dan normal (maksudnya apa haha), ya sama-sama diem. Kalo naiknya sendiri, ngelamun. Dan gw suka kegiatan ngelamun.
Gw suka naik angkot karena betapapun penuhnya dia, semuanya kebagian tempat duduk. Ya paling ada beberapa exception case yang bikin ada satu orang berdiri di pintunya, biasanya juga keneknya. Semuanya kebagian tempat duduk meski kadang harus kedempet-dempet sama orang gendut atau rapet-rapetan sama orang bau ketek. Gw tetep suka, karena gw jadi ngerasa deket sama realita. Gw jadi pengen rajin kuliah supaya gaada lagi orang yang bau ketek, eh salah, supaya gaada lagi orang yang dempet-dempetan sama orang bau ketek di generasi bawah gw nanti karena sistem transportasi yang baik telah terwujud (apa nyambungnya ya? Haha biar deh).
Gw suka naik angkot karena ada orang yang berbeda setiap gw naik. Dan orang-orang yang berbeda itu semuanya dalam jangkauan indera. Ga kayak bis atau metromini. Pernah satu angkot sama anak kecil yang muntah? Gw pernah. Pernah muntah diangkot? Jangan deh, repot (eh gw nya mah gapernaaah, jangan suudzon gitu dong. Haha). Malah sangking tiap harinya gw naik angkot waktu SMA, ada beberapa anak sekolahan yang gw hafal dia rumahnya dimana terus sekolah dimana. Padahal gw ga kenal. Mungkin suatu saat nanti kita bakal jadi teman, siapa tau kan? *sok akrab. Sering juga ada orang-orang yang suka bawa barang bawaan tidak terduga, misalnya ayam hidup, bebek hidup, singa hidup (gapernah deng), sepeda, berkarung-karung-entah-apa-yang baunya aneh, atau yang paling parah adalaah jengjeeng.. ikan. For God sake, gw waktu itu panik banget ada bapak-bapak yang bawa dua plastik bening air berisi ikan. Gw juga ga ngerti kenapa gw geli, ehm, takut, sama ikan. I-k-a-n. Tadinya itu rahasia. Tapi berhubung udah jadi rahasia umum, yaudahlah gw pasrah aja ampe berani gw tulis disini (ini kenapa jadi cerita soal ikan deh? Haha). Selain ada orang yang bawa barang-barang aneh, sering juga loh ada orang yang kelewat ramah sampe ngajak ngobrol gw. Biasanya sih ibu-ibu, nanya sekolah dimana, asalnya dari mana, dan lain-lain. Kadang suka kayak sempit gitu dunia, ‘ooh anak ibu juga sekolah disana’ atau ‘ooh dulu rumah ibu juga disana’ atau apa deh yang diluar kuasa gw. Tapi ada juga hal-hal yang bikin gw sedih. Diangkot banyak orang jahat. Gaperlu gw ceritain kali ya, pokoknya gw baik-baik aja kan sampe sekarang ini? :> *senyum centil.
Gw suka naik angkot karena perjalanannya menantang. Supirnya jarang yang well-trained. Lah kok malah suka? Iya suka, karena kapan lagi gw bisa ngerasain susul-susulan gakjelas, ngerem-ngerem mendadak, dan lain-lain dimana ayah dan kakak gw adalah supir yang amat baik. Suka karena gw ugal-ugalannya bareng-bareng, abis itu pasti aja ada yang marah-marah, ada yang ngeluh, ada yang protes. Gw suka aja liatnya, ngerasa beneran hidup. Gw suka karena itu semua menyingkirkan kabut dipikiran gw yang menutupi bagian kepekaan sosial. Menurut lu emang mereka yang mau jadi supir angkot yang ugal-ugalan? Coba pikir deh.
Angkot juga ga jarang jadi sarana reuni yang praktis dan murah. Ini juga termasuk salahsatu bagian favorit gw dari angkot. Dan enaknya, kalo nyasar gausah repot. Naik aja terus karena nanti pasti balik lagi kebagian pertama lu naik. Diangkot kadang masih aja ada yang ngerokok. Padahal tau sendiri kan angkot ga gede dan sirkulasi udaranya ga bagus. Tapi gw sih nikmatin aja, lagian gw ga kenal juga siapa yang ngerokok, biarinlah dia makin ketagihan sama benda kecil itu, dan gw ga bakal langsung mati juga kali ya gara-gara asepnya dia yang cuma beberapa menit itu? Dan ohya, gw ga pernah kok yang namanya asma kambuh gara-gara asep rokok.
Terakhir gw naik angkot itu ya tadi sore. Angkotnya kosong. Gw cuma bengong. Untung ga kesambet barong.

Ah, kiri kiri!

Seru juga ya kalo gw bilang itu dulu setiap gw mau berenti nulis?

No comments: