20100414

jangan dibaca kepanjangan, day1

H-2 SIMAK UI, jam 9.30 malam
gua: "yah, besok ade ke depok ya?"
mama: "ngapain? besok?"
gua: "mau ikut main aja sama yang simak, kesananya pake mobil khobab sambil mau liat kosan juga"
ayah: "ko mendadak?"
gue: "iya nih baru ada tumpangan."
keduanya geleng-geleng kepala. tapi seterusnya, capcuuus :)
*dan keberangkatan subuh serta akan menginap baru diketahui pas mau berangkat. haha anak muda..

dapet jarkom dari large harus ngumpul jam5 men agak gila juga ya pagi amat kaya mau ke dufan aja, tapi demi kegratisan apa sih yang ditolak.

keesokan harinya H-1 SIMAK UI
jam 04.00 subuh
ngantuuk baru tidur jam2an hhoahm tapi semangat aja kali ye, banguun.
akhirnya berangkat jam setengah6an karna gada yang nganter, kalo berangkat masih gelap, takut boo, tar gua diculik kan sedih semua.
ternyata si khobabnya mah dateng jam7, sialan. tapi yaudahsi, meluncurlah dengan inova 8 orang pemuda-pemudi bangsa. baru nyampe mana gitu ternyata hpnya moni ketinggalan dirumah large, ngeek balik lagi tapi belum jauh untungnya. abis itu berangkats diiringi cd lagu chrisye(gila ya gua masih inget). ga ngerti deh pokonya perjalanan berasa cepet, sempet berenti di rest area yang tarif wcnya 'terserah', bikin ngakak juga. abisnya pas keluar wc, ko gaada kotak buat duit, cuma ada mas-mas penjaga wc mupeng duit. gua tanya deh "bayar ini mas? berapa?" lah dia jawab "terserah". ko jadi berasa kotak amal ya bukan duit wc.

jam 09.30 pagi
sampai di terminal depok alias sebelahnya itc.
sebenarnya hati gua agak meronta menjerit-jerit karena berarti tibalah saatnya untuk melepas kepergian mobil aman nyaman ber-ac bahagia. karena gua dan zenit, berdua saja, akan mengarungi kota yang panas dan keras ini selama dua hari. mau ngapain kita? ga tau. sekali lagi, ga tau. karena memang 'ga tau' ini lah yang mendasari perjalanan ini. karena 'ga tau' mau ngapain di bandung soalnya temen-temen pada simak semua jadi kita memutuskan untuk ikut ke depok, padahal di depok juga 'ga tau' mau ngapain bahkan masih 'ga tau' mau tidur dimana.
penasaran sama masjid kubah mas, dian al-mahri. kata khobab didaerah sawangan. beruntunglah kita berdua lulus sd jadi bisa baca kalo sawangan itu kearah mana, kita memutuskan buat naik angkot(sebenarnya bukan memutuskan tapi karena emang ga ada pilihan lain). pertama-tama kita merasa amat beruntung karena angkotnya cuma satu warna. tapi ngek ternyata angkanya banyak, 04, 05, 06, 03, 109. tanpa pusing-pusing karena zenit nanya "lu suka angka berapa?" gua bilang aja "gua sukanya angka 3", dan naik lah kita ke 03 (btw, jadi gua ya penyebab nyasar ini haha maaf ye). berhubung gua dan zenit emang ga bisa ngobrol orangnya, jadi diem-diem aja di angkot, dan gua sih ga masalah sungguh tapi yang masalah itu setelah entah berapa lama diangkot terbacalah tulisan "selamat datang di Kabupaten Bogor".
meski ini Indonesia dan Jawa Barat tapi semenjak turun dari mobil khobab tadi gua sebenernya ga tau lagi ada dimana kalo ga ada tulisannya. dan ngakak aja kita "anjir jauh banget.." hahahaha. lalu sampailah si bang angkotnya bilang "nyampe neng."
yak nyampe berarti kita emang udah sampe ujung dan orang-orang sih bilangnya ini parung. parung itu bogor setau gua mah. ternyata biaya angkotnya 5000, ah sial katanya jauh-dekat 2500. tapi sadar juga sih ga mungkin 2500 untuk sejauh ini.
mengingat bawa uang ga banyak-banyak amat, kita memutuskan untuk pake angkot yang sama untuk kembali ke depok. kepikiran juga sih "gimana kalo kita terusin terus pake angkot sampe nyampe bandung lagi?" hem boleh, lainkali.
iya kembali ke depok, karena bang angkotnya bilang "depook.. depok depok depok". sama aja kaya mang angkot yang bilang "banduung.. bandung bandung" yang artinya itu udah bukan bandung.
sampai lagi lah kita ke dekat terminal depok, deket itc, dan gua baca tulisan(sambil meringis) "masjid dian al-mahri 5,4 km". monyet.

kenapa ke itc, karena janjian sama anak-anak bandung yang mau simak buat makan bareng, kangen-kangenan gitu deh (hiyk). karena 'ga tau' mau nunggu dimana, meja foodcourt kosong di lantai 3 jadi korban deh. duduk disitu, makan rotinya zenit, baca komiknya zenit (oke, gua emang ga modal, ada masalah?), sejam, udah deket katanya mereka, sejam setengah, udah nyampe katanya mereka, good. laper deh sampe pengen nambul indomie yang ada di tas.
sejam setengah lebih. mati hape gua, satu kata yang gua benci 'lowbat', kenapa sih cuyuung suka amat mati disaat yang tidak tepat.
udah nyampe tapi ko ga dateng-dateng ya? akhirnya dicari aja deh, dan seperti melihat pacar sendiri sedang jalan sama selingkuhannya, hancur hati ini. karena mereka ternyata sudah duduk dan membawa nampan masing-masing di hoka-hoka bento, oh tidak, sedang diri ini menunggu dengan lapar sedari tadi. oke lebay. dan gua jail, "eh ph aja yu?".
pizaa hut depok aneh memang, ga penuh tapi harus pake waiting list.
insiden cari-carian dan nyumput-nyumputan anak-anak bandung yang mau simak vs gua dan zenit selesai juga, akhirnya ips bersahabat bertemuu, ahey. (iya, lumayanlah bikin temen olahraga).
7 pemudi bangsa menuju rumah uanya bunga, naik angkot 05 arah depok II ke citayam. depok II apaan citayam apaan, sumpah gua gatau. (tapi sekarang sih tau, ehm)
jauh juga sih lumayan, tapi jauhan bogor ko tenang aja. berenti didepan ceria-mart. pesan tersembunyi tuh, sepanas dan semacet apapun kita harus tetap ceriaa. :)
dari situ dijemput uanya bunga pake panther. rumah uanya bunga juga unik, mendaki gunung lewati lembah sungai mengalir indah ke samudra bersama teman bertualang. satu hal yang bikin gua seneng singgah dirumah orang adalah: gua bisa ngecharge hapee. asyeek.
oiya waktu itu gua dan zenit udah bukan cewek ga tau lagi, karena kita udah tau mau nginep dimana, di asrama ui. untung ada si kakak yang baik hati, teh aqis. tapi nyampe rumah bunga itu udah jam4an sore. dan pas gua nge-sms teh aqis dia bales "terserah aja deh, dik"
buset gaenak juga udah mau numpang, ngaret janji, karena tadinya gua bilang mau siang kesananya. tapi sumpah waktu itu bukan saatnya gaenak gaenakan jadi gua santai aja lah biarin. terus kan gua ga lupa bawa anduk, dan muti abis beli di carrefour itc tadi, gua mah males soalnya mahal. dan ternyataa, muti dapet anduknya dua padahal bayarnya satu. boleeh dong buat gua, beruntung sekali yaa gua hari itu.
setelah pada mandi (kecuali gua dan zenit, emang males aja) dan shalat, jam6an sore berangkat lagi sama uanya bunga mau survey ke yayasan tugu ibu tempat simak besok. itu tuh sambil lewat ke itc lagi karena cuma dari sana taunya gimana ke asrama ui. sebelum nyampe jalan besar kita semua musti ngelewatin rel kereta api. dan, cacaaaat banget sumpah secacat cacatnya. disitu kita ngabisin waktu hampir sejam karena jalannya penuh sama motor dan krodit pisan. dan serem beberapa kali hampir ada insiden hampir ketabrak kereta karena rel masih penuh sama motor padahal bel yang menunjukan kereta udah mau dateng udah bunyi. macem rel kereta dibawah fly over kiaracondong kalo lagi macet gitu lah, tapi seribukali lebih parah karena depok itu panas jadi semua orang panas alias marah-marah. kasian gua sama anak-anak yang mau simak pas itu, kayanya hal itu nambah bikin stress deh. sabar yaa.
sampai di yayasan tugu ibu sekitar jam8an, masuk bentar buat liat-liat abis itu pergi lagi. ke itc dong jelas.
sempet ga boleh ke ui dan disuru nginep aja dirumah uanya bunga karena jam sudah menunjukan jam setengah9 malam, grr tidak mauu, kalo nginep dirumah orang mah nginep aja dirumah sendiri. jadi setelah agak mengejar-ngejar uanya bunga seperti tim termehek-mehek mengejar target, pamit juga kita berdua untuk menuju kediaman teh aqis.
katanya berenti di kober, depan es pocong. pas mau naek, angkot depok kaga mau berenti, jadi harus agak berlari seperti tim termehek-mehek mengejar target(again haha). kedapetan duduk di paling belakang, susah buat komunikasi sama supir akhirnya gua nanya ke mbak-mbak di depan gua "mbak, mbak" dan dia pura-pura ga liat dan pura-pura ga denger, "mbak, kober itu dimana ya?" dan mbak-mbak itu malah menyikut mbak-mbak disebelahnya. pengecut pisan sih maneeh, gua ga akan nyulik juga. akhirnya mereka berdua bilang "gatau" terus turun angkot aja. nice.
naiklah angkot itu ke fly over, gua mulai mencium bau nyasar. setelah gua nanya lagi ke teh aqis ini pake naek fly over dulu ato ngga ternyata dia bilang "ngga!"
oke, kita resmi nyasar.
bingung deh mesti turun dimana, soalnya satu arah, kalo kita turun berarti harus jalan dulu sampai ke angkot yang kearah itc tadi. did you know? jalannya gelap pisan dan menyeramkan layaknya kota-kota besar. rawan, kata uanya bunga mah.
tapi berkat kemurahan hati Tuhan, akhirnya terlihat lah suatu gerbang yang tulisannya "Universitas Indonesia" dan seketika hatiku merasa nyaman(halah). "turun disini aja yu zen". kiri baang kirii. dan tetep kelewat agak jauh, ternyata kita mesti latih suara agar didengar di kota itu.
"tau ga lu, pernah ada multilasi di gerbang ui yang ini". "serius?". 'iya".
zz ga jadi, hati tenang gua gajadi zen pas denger kata-kata lu tadi. iya sih, gelap-gelap gimana gitu.
pangpangna mah dari tadi pagi teh ini semua tempatnya asing bagi gua(dan zenit juga kali ya), kalo di bandung mah sok lah mangga nyasar kemana juga.
tapi akhirnya tiba lah penyelamat kita hari itu, teh aqis. "gimana? puas nyasarnya?" haha monyet banget pertanyaan pertama dia.

jalankaki sampai asrama. nyampe asrama mandi, terus malah liat-liat buku taunan, padahal mah masak mie kek ngapain kek udah tau laper teh. tapi da tidak ingin ngapa2in. akhirnya dimasakin sama teh aqis, bagus deh pahalanya banyak amin. jam12, jam1, tidur woy, dan lu mesti tau gua sama zenit tidur dikasur sedang yang punya kamar tidur dibawah. haha..

tapi tekad kita di penghujung hari itu adalah "rencana kita besok mesti sukses!"
yeah, tak tahulah apa arti sukses itu.

No comments: